Minggu, 06 Maret 2011


MATERI KKPI KELAS 12 SMK KUSUMA BANGSA

Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Daftar isi
Tujuan Umum
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
  • Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
  • Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa
Bagian
SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
  • Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  • Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  • Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
  • Sistem informasi personalia (personal information systems).
  • Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
  • Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
  • Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
  • Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
  • Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
  • Sistem informasi analisis software
  • Sistem informasi teknik (engineering information systems).

33 komentar:

Mutiah Yun Yun W mengatakan...

Teori yang ini mencakup banyak hal banget nieh tentang informasi manajemen, trus gimana pentingnya manajemen, informasi akuntansi, jujur nieh pa' sebenernya sih agak bingung tapi it's ok, no problem..q kan berusaha memahaminya...he...he..

Unknown mengatakan...

blog ini bagus bgt pak jadi saya bisa memahami tentang SIM.
mkasih y pak udah kasih materi yg bermanfaat buat saya nanti bila msuk ke dunia kerja.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

emhhhhhh bagus bgt tu artikelnya pak,,,,
setelah saya baca artikel ini saya jadi ngerti n tau tentang SIM ternyata SIM ini mempunyai bnyak bgt manfaat ya
v pak akan lebih apdol lagi kalu misalkan bapak jelasin dikelas <>>>>

thankzz

Unknown mengatakan...

bener pak selain itu jga Banyak organisasi yang ingin membangun sistem Informasi Manajemennya sendiri, dan telah menyediakan dana yang cukup, tetapi ternyata usaha tersebut sering kali gagal. Penyebabnya antara lain ialah: struktur organisasi keseluruhan yang kurang wajar, rencana organisasi keseluruhan yang belum memadai, personil sistem yang tidak memadai, dan yang terpenting adalah kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.

Unknown mengatakan...

setelah saya membuka blog tentang SIM saya jadi lebih paham dan mengerti tentang ini, ternyata SIM sangat penting dalam berbisnis. makasih ya pa udah ngasih tugas ini.
di tunggu ya penjelasannya karena masih banyak yang belum saya mengerti tentang SIM.

Unknown mengatakan...

terima kasih ya pa udah ngsih tugas ini saya jadi lebih tau tentang Sistem informasi manajemen. ini sangat bermanfaat bagi saya untuk masa depan dan ini membuka wawasan saya.

Unknown mengatakan...

bneer pa artikel ini bsa membuka pkiran sya tentang sistem manajemen yg kelak suatu saat nanti berguna bagi sya dan informasi amatlah berharga, oleh krna itu hrus d klola dgn baik.....

Unknown mengatakan...

ya pak Setiap organisasi jga memiliki beberapa tugas yang harus dikelola sedemikian rupa sehingga organisasi yang berhasil mencapai seluruh sasaran yang telah ditetapkan, bahkan juga berhasil mempertahankan kelangsungan hidupny

Unknown mengatakan...

asslmmuaikum wr.wb

cukup menarik untuk pembelajaran saya karna ini sangat penting dan memotifasi agar saya nantinya bisa mengelola bisnis yang saya akan kelola ...... terimakasih
wasslam............

RITA ANGGRAENI mengatakan...

menurut saya SIM merupakan sistem yang yang bagus karna dapat memberikan manfaat dan kegunaan yang sangat di butuhkan oleh siapa saja daam proses apapun terutama dalam dunia bisnis sperti calon-calon pebisnis yang ada di SMK KUSUMA BANGSA KITA TERCINTA... itu sangat di perlukan sekali dan sangat berperan penting.

borex mengatakan...

. bbner bbngket ppak , ddri iitu ssmua kkita ddpat wwawasan ..

vj nandez mengatakan...

ass,,
maksih pa sebelumnya,,
blog bpa sangat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya ..
terutama yang baru ini yaitu tentang SIM ,, kita jjadi bsa lbh ttau apa itu SIM ,, manfaat ,, bagian2 sim sareng sajabana ..
akan lbh jlas klo d terangin langsung olh bapa nu ganteng ttea ,, hhe.

maksih pak ..
wassalam

agus.susanti mengatakan...

mksh pa atas artikelnya,karna dengan artikel ini saya jadi tau tentang sim dan semoga saja materi ini bisa berguna bila saya sudah bekerja

suranto mengatakan...

miku,,,,


lumayan pak artikelnya,,,,
teori yang cukup bermanfaat bagi kita,,,,
agak gak ngerti sih gunanya buat apa...

makasih yah pak atas artikelnya,,,,

wasalam,,,,

euis mengatakan...

makasih pak artikelnya saya jadi tau tentang SIM serta menamambah wawasan buat saya sehingga saya termotifasi dari artikel bapak....

nisa mengatakan...

ass. pa ini nisa
artikel bpk sangat menarik banget buat nak2 kls xii
krna dgn membaca artikel ini kita di beri bekal untuk menghadapi dunia kerja,
karna sistem informasi manajemen itu sangat erat sekali kaitannya dengan penjualan di antaranya dalam mengambil keputusan , perencanaan usaha yang akan di geluti, sehingga kita tidak ketinggalan zaman

deni jastin mengatakan...

makasih yaaa pak atas blog ini saya bisa mengetahui tentang SIM dan semoga bermanfaat bagi saya dan semuanya....

nisa mengatakan...

buat nak2 kls xii
krna dgn membaca artikel ini kita di beri bekal untuk menghadapi dunia kerja,
karna sistem informasi manajemen itu sangat erat sekali kaitannya dengan penjualan di antaranya dalam mengambil keputusan , perencanaan usaha yang akan di geluti, sehingga kita tidak ketinggalan zaman

anggi mengatakan...

makasih yah pak atas artikelnya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya buat anak-anak yaksa...

suci alaniah mengatakan...

emang bagus sich artikelnya,saya jadi bisa menambah wawasan, setelah saya memahami isi artikel tersebut,apalagi artikel ini emang penting untuk saya pelajari karena sesuai dengan jurusan yang saya ambil khususnya dalam bidang management

she.uci mengatakan...

eeehm
ternyaaata SIM (Sistem INformasi Manajemen)...

Banyak manffats nyaaa,,,
sselain di qunakaaans untukkk membuats suatuu dokkumenss bsa uqqa di qunakanss sbgai,,

aplikasi perencaanaan suatu bisniss tau ppun sebuahh pengambilann suatuu masalah (problemm) / kepputusan

ridwan tea mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
euis binti alexiss mengatakan...

makasih buat artikel SIMnya saiia menjadi lebih berhati2 dalam mengambil keeputusan dan semoga SIM ini bermanfaat buat anak2 kubang yang mau tao bakalan mendirikan usaha sendiri dan tentunya saiia pribadi eheu ... :)

ridwan tea mengatakan...

artikel yyanq sangat bbaquss,,,

ada jjjqa aplikasi bbbuat memecahkan ssuatu kepuuutusan dalam usaha / bisnis,,,

angga 318 mengatakan...

assalamualaikum wr.wb...

yahh sangat gagus bila ada SIM itu karna dapat menunjang manusia dalam mengambil keputusan, dan semoga sim ini bermanfaat untuk semua kalangan dan mau mengembangkan usahanya sendiri ataupun pribadi,,,,,,,,,, makasih pak,,,hehehehehehehe.....

wasalam.......

Unknown mengatakan...

as,mikum ..
mkassih pakk attas artikel tentang SIM ini , jaddi saya bisa sedikit mengertii . Dan smogga sajja bisa berguna buat masa depan saya .

wa,salam ..

Unknown mengatakan...

asslmualikum ....

bpk mksieh yachh ataspembritahuan tentang artikel ini ...
itu sangat bermanfaat bagi saya .

wasslm....

devi herliani mengatakan...

ass......wr.wb

maksh ya pak tas pengetahuannya tentang sim. . . .
smoga bsa brmanfaat buat sya n smua orang. . .

wasalam. . .wr.wb

Drs.Igun mengatakan...

hhtur nuhhhun pakkss,,

tasss inffonya,

mudah"an bermaaanffat bqqie s'muanya khususnya sayaaa

iihaagiie mengatakan...

.pak materi.a bgus, jadi saya tau tentang sistem informasi manajemen meskipun cuma sedikit yang saya tau
.tp klo bisa ntar d.jelasin lgii yah pak !

.och ,,,

chelma"asinchan mengatakan...

makasih yaa pa tas infonya......

jadi saya tw tntang sistem informasi manajemen tuh apa walawpn gx semuanya saya tw.....
mudah"n ilmu pengetahuan yang bpa kasih dapat bermanfaat bwt saya kdpnnya,

AMINNNNNNNNNNNNN...............



dahhhhhhh bpaaaaaa.......

Unknown mengatakan...

.makasih pak buat materinya sangat bermanfaat sekali buat saya dan menambah pengetahuan saya..